Jumat, 18 Februari 2011

Mengenal Diri Sendiri

Syeh Mubarok dalam ‘Kitab Wali Kutub’ mengatakan, “Seseorang yang mampu mengenal diri sendiri adalah orang yang merasa dirinya lebih jelek daripada anjing.”
Pernyataan iSyah Mubarok tersebut apabila dapat ditafsirkan sebagai berikut; Manusia hendaklah   selalu berupaya meningkatkan nilai-nilai kemanusiaannya, jangan diperbudak oleh sifat-sifat haiwani yang hanya sekedar makan, minum, dan mengumbar syahwatnya. Sedangkan   Anjing dipilih sebagai dasar  perumpamaan, karena sifatnya, sebagai binatang yang telah ditetapkan secara hukum Islam, termasuk najis Mugholadoh (najis berat). Mapa apabila seseorang yang hanya memikirkan kepentingan makan dan minum, serta hanya mengumbar nafsu syahwatnya, maka isi perutnya penuh dengan makanan-makanan haram. Najis dia untuk memperoleh  surga.
Sayyidina ‘Ali bin Abi Tholib ketika diangkat menjadi khalifah mengatakan, “Orang yang diperbudak oleh dunia (jabatan dan kekayaan),  orang itu sdang bergaul dengan sekumpulan anjing,”
Sayyidina Umar bin Khotob, selama menjadi khalifah, baju yang dimlliki beliau hanya satu, di sana sini sudah ada tambalan. Menurut keterabngan sampai 16 tambalan. Beliau bukan tidak ingin mempunyai baju baru, bukan juga sebagai bentuk rendah hati, tetapi yang beliau inginkan bagaimana dirinya bisa bermanfaat bagi orang lain. Maka setiap kali beliau mendapat gaji, beliau sedekahkan kepada orang-orang yang membutuhkan.
Mengimplementasi ayat Qur’an dan Sunnah Rosul, Sayyidina Abu bakar Assidiq, khlofah pertama sepeninggal Rosululloh, Muhammad SAW menyatakan bahwa, orang yang tahu dirinya adalah orang yang bisa mengukur tingkat ketaqwaannya. Bila pada jaman itu (jaman para sahabat dan tabi’in) yang diukur adalah tingkat ketaqwaan Rosululloh, bagaimana kita bisa mengukur ketaqwaan kita pada jaman sekarang.  Bisakah kita menyombongkan diri tentang ketaqwaan kita?
Sedangkan sayyidina Utsman Bin Afan ketika menjadi kholifah, selalu  bergetar jiwanya jika beliau mengambil wudhu untuk sembahyang fardlu. Beliau diajari secara khusus oleh Rosululloh. Betapa takut atas kecintaannya beliau  kepada Allah. Dan ketika Rosululloh masih hidup, beliau selalu sholat sunnah dua raka’at di setiap harinya untuk masing-masing raka’at, beliau membaca 15 juz ayat-ayat Al  Qur,an. Jadi beliau menghatamkan Al Qur,an  setiap satu hari sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar